AKUNTANSI

adalah salah satu konsentrasi dari program keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Mata pelajaran Akuntansi adalah mata pelajaran yang berisi kompetensi akuntansi berupa pengolahan, pencatatan, pengelompokan dan penyajian data transaksi yang berhubungan dengan keuangan. Mata pelajaran ini bertujuan menghasilkan lulusan yang memiliki sikap, pengetahuan dan keterampilan (soft skills dan hard skills) di bidang akuntansi.

Pembelajaran pada konsentrasi Akuntansi dapat menggunakan berbagai pendekatan, strategi, model, serta metode yang sesuai dengan karakteristik kompetensi yang harus dipelajari, sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi inisiatif, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, passion, dan perkembangan fisik, serta psikologis peserta didik. Model-model pembelajaran yang dapat digunakan, antara lain project-based learning, problem-based learning, discovery  learning, serta model-model lainnya yang relevan.

Profil lulusan

Mata pelajaran Akuntansi berkontribusi menjadikan peserta didik memiliki kompetensi sebagai asisten audit internal, asisten konsultan pajak, kasir, staf perbankan, teknisi akuntansi yunior atau pekerjaan lain yang memiliki akhlak mulia, berintegritas tinggi, mampu berkomunikasi, bernegosiasi dan berinteraksi antarbudaya, mampu bekerja sama dalam tim, menumbuhkan kemampuan berfikir kritis, gotong royong, kreatif, mandiri, serta menumbuhkan kepekaan dan kepedulian terhadap situasi dan lingkungan kerja. Lulusan Akuntansi dapat melanjutkan studi di bidang atau jurusan akuntansi dan juga menciptakan lapangan kerja secara mandiri.

Pembelajaran pada konsentrasi Akuntansi dapat menggunakan berbagai pendekatan, strategi, model, serta metode yang sesuai dengan karakteristik kompetensi yang harus dipelajari, sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi inisiatif, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, passion, dan perkembangan fisik, serta psikologis peserta didik. Model-model pembelajaran yang dapat digunakan, antara lain project-based learning, problem-based learning, discovery  learning, serta model-model lainnya yang relevan.

Profil lulusan

Mata pelajaran Akuntansi berkontribusi menjadikan peserta didik memiliki kompetensi sebagai asisten audit internal, asisten konsultan pajak, kasir, staf perbankan, teknisi akuntansi yunior atau pekerjaan lain yang memiliki akhlak mulia, berintegritas tinggi, mampu berkomunikasi, bernegosiasi dan berinteraksi antarbudaya, mampu bekerja sama dalam tim, menumbuhkan kemampuan berfikir kritis, gotong royong, kreatif, mandiri, serta menumbuhkan kepekaan dan kepedulian terhadap situasi dan lingkungan kerja. Lulusan Akuntansi dapat melanjutkan studi di bidang atau jurusan akuntansi dan juga menciptakan lapangan kerja secara mandiri.